Selasa, 31 Desember 2013

Tulisan



KEMACETAN

Mendengar kata jakarta semua itu tidak asing lagi di telinga kita, banyak orang mengenal jakarta bahkan negara-negara di dunia mengenal jakarta atau dengan julukan DKI Jakarta yang merupakan ibu negara indonesia, berbagai suku, bahasa, adat dan agama berada dijakarta, daerah ini terkenal dengan kebudayaan bertawinya, tapi dengan seiring kemajuan zaman adat betawi itu mulai tergerus olehnya, maka dari itu pemerintah harus menjaga dan melestarikan adat betawi tersebut sebagai kebanggaan suatu bangsa. Sebagai pusat roda perekonomian banyak investor yang menanamkan sahamnya disana. Walaupun sebagai pusat perekonomian, banyak permasalahan yang dihadapinya mulai dari, kemacetan, banjir,  keamanan serta yang lainnya dengan begitu pemerinta daerah dan pusat mulai membenahi semua itu untuk lebih baik lagi.
Kemacetan merupakan suatu peristiwa dimana terjadi kepadatan di jalan raya akibat banyaknya pengendara bermotor yang melintasi jalan tersebut yang mengakibatkan kepadatan yang menumpuk dimana jalan yang dilalui tidak sesuai dengan luas jalan dengan volume kendaraan yang semakin hari meningkat. Kemacetan yang sering terjadi semenjak angkat volume kendaraan semakin hari meningkat derastis dan di tambah sarana dan prasarana yang kurang mendukung menyebabkan timbulnya kemacatan dimana-mana dengan ruas jalan yang tidak sesuai dengan jumlah kendaraan untuk saat ini.
Terutama di daerah atau kota-kota besar di indonesia sering mengalami kemacetan disaat jam-jam sibuk yang mengakibatkan banyak pihak dirugikan semua pihak akibat kemacetan yang ditimbulkan diantara keterlambatan dalam beraktifitas dan pengiriman barang dll.
Khususnya daerah DKI Jakarta, kemacetan yang parah terjadi pada saat jam kerja merupakan masalah yang sering menghantui warga jakata maupun para pekerja yang melakukan aktifitasnya di Ibu kota jakarta, meraka harus melawan kemacetan untuk sampai ke tempat tujuan setiap harinya, berbagai cara telah dilakukan pemerintah ibo kota jakarta untuk melakukan pengureian kemacetan dari melakukan rekayasa jalur laju kendaraan, menerapkan jalur 3 in1, pelebaran jalan, penertiban pedagang kaki lima dan pakiran liar yang ad di bahu jalan dan lain-lainnya, walaupun begitu kemacetan di ibu kota masih saja sering terjadi bahkan sekarang jalan tol seharusnya bebas hambatan terkadang sering terjadi kemacetan yang panjang dan inilah potret wajah ibu kota dengan kemacetan.
Kita ambil contoh aja dari sistem penerapan 3 in 1 untuk menguraikan kemacetan ternyata itu bagi segelintiran orang di gunakan sebagai kesempatan mata pencariaan dengan menjadi joki 3 in 1, dan sekarang ini trotowar yang seharusnya di gunakan untuk pengguna jalan dialih fungsikan bagi segelintir orang untuk lahan parkir dan berjaulan yang menyebakan perjalan kaki merasa terganggu dengan keberadaan itu. Oleh karena itu penyebab kemacetan yang sering terjadi khusunya di daerah ibu kota seperti Jakarta itu terjadi karena beberapa alasan yaitu :
a.       Arus atau kendaraan yang melewati jalan telah melampaui dari kapasitas jalan yang ada saat ini.
b.      Terjadinya kecelakaan bias menyebabkan gangguan kelancaran lalu lintas dikarenakan masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan tersebut atau kendaraan yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas.
c.       Terutama di Jakarta yang sering menjadi langganan banjir, dengan begitu banyak kendaraan yang melintasi jalan yang terkena banjir memperlambat laju kendaraannya.
d.      Adanya perbaikan jalan, galian kabel dan gorong-gorong.
e.       Adanya bagian jalan yang longsor atau ambles yang terjadi waktu itu dijalan martadinata.
f.       Adanya parkir liar di bahu jalan.
g.      Pasar tumpah yang tidak langsung memakan bahu jalan sehingga kendaraan yang melintas dijalan membuat sebuah anterian.
h.      Banyaknya penguna kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas dengan jalan melawan arah yang seharusnya digunakan satu arah
i.        Banyaknya kendaraan umum yang menaikan dan menurukan penumpang disembarang tempat.
j.        Terjadinya tawuran antarpelajar dijalan.
Dari semua itu banyak dampak-dampak yang ditimbulkan dari kemacetan yang sering terjadi di ibu kota Jakarta yaitu banyak pengusaha yang mengalami kerugian akibat barang yang dikirim seharusnya tepat waktu tapi mengalami keterlambatan, jarak dekat yang seharusnya bias ditempur dengan waktu sebentar ini malah memerlukan waktu yang panjang untuk sampai ke tempat tujuan, banyak dari pengguna jalan yang mengalami kesetressan saat di jalan, bahan bakar yang digunakan relatif mengalami peningkatan.
            Maslah kemacetan yang ada sekarang ini sudah bias digolong kan cukup parah, yang seharusnya jalan Tol itu merupakan jalan yang bebas hambatan, tetapi sekarang setiap kendaraan yang masuk jalan Tol mengalami kemacetan yang sering terjadi saat ini, membuktikan bahwa jumlah volume kendaraan semakin hari jumlah pertumbuhannya semakin meningkat dikarenakan kebanyakan orang dapat dengan mudahnya mendapatkan kendaraan dengan cicilan bunga 0% dan di tambah pemerintah melali kementerian industri mengeluarkan mobil murah sehingga tidak bias bayangkan berapa cepatnya pertumbuhan kendaraan yang ada di Indonesia.

            Agar biasa dilakukan pemecahan masalah kemacetan lalu lintas saat ini, yaitu
1.      Memperlembar jalan, selagi itu masih bias dimungkinkan
2.      Memperbaiki transportasi yang ada saat ini dengan memberikan kenyamanan, keamanan, pelayanan, serta fasilitas yang memadai bagi pengguna angkutan umum tersebut.
3.      Memberkan pembatasan kendaraan pribadi bagi setiap masyarakat
4.      Menaikan pajak kendaraan pribadi
5.      Memerajakan angkutan umum yang tidak layak pakai
6.      Batasi nilai guna kendaraan yang di gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar