Senin, 16 Februari 2015

Biografi Lucas Pacioli ( Father Of Accounting )



Biografi Lucas Pacioli ( Father Of Accounting )

Sekarang ini saya akan memposting tentang biografi seorang tokoh yang tidak asing lagi khususnya bagi seorang yang belajar akuntansi yaitu Lucas Pacioli yang disebut juga sebagai  bapak akuntansi ( father of accounting ). Fra Luca Bartolomeo de Pacioli atau yang sering dikenal dengan nama keren Luca Pacioli. Berikut langsung saja ini merupakan biodata yang dicatat oleh tinta sejarah dunia:
Nama lengkap                         : Fra Luca Pacioli
Jenis Kelamin                          : Laki-Laki
Tempat, dan Tanggal Lahir     : Sansepulcro (Tuscany- Italia), Tahun 1445
Pekerjaan                                 : Kepala Biarawan Sansepulcro
Masterpiece                             Summa de arithmetica, geometria, proportioni et proportionalita
Kenapa Luca Pacioli disebut sebagai bapak akuntansi ? Sekitar tahun 1490 ( umur 49 tahun ), Pacioli menerbitkan sebuah buku yang menjadi hit secara langsung yakni Summa de arithmetica, geometria, proportioni et proportionalita ( Kumpulan Pengetahuan Aritmatika, Geometri, Proporsi, dan Proporsional ).
Dalam bukunya ia menyebutkan suatu praktek dagang baru yang dikenal bahkan hingga saat ini dipakai jutaan perusahaan di dunia dengan nama double-entry system.
Buku ini bisa menjadi terkenal juga didukung oleh lokasi dibuatnya buku tersebut yakni di Venesia yang pada prinsipnya adalah ibukota perdagangan Eropa pada saat itu. Di Venesia inilah praktik perdagangan ramai dilakukan dan pasar (saat itu pasar adalah pusat informasi karena disinilah pedagang dari seluruh dunia bertemu) juga semakin mempercepat penyebaran praktik baru yang diperkenalkan oleh Luca Pacioli. 
Dan double-entry system itu menjelaskan bahwa untuk setiap transaksi pasti akan mempengaruhi minimal dua akun nominal dibuku besar ( ledger ). Dua akun yang dimaksud adalah debit dan kredit.
Jika dilihat sekilas maka system ini menjunjung tinggi apa yang disebut dengan prinsip keseimbangan (balance) antara debit dan kredit yakni total akhir dari kedua lajur ini di buku besar harus berjumlah nol ( 0 ).
System ini menjamin keteraturan dan tidak ada kesalahan dalam system pencatatan karena apabila jumlah akhir debit dan kredit berbeda maka telah terjadi kesalahan.
Hal ini di gambarkan dalam prinsip emas ( Gloden Rule ) yang selalu dipegang selalu oleh akuntan sampai saat ini.
Asset = Hutang + Modal

Hal ini sangatlah membantu para pedagang venesia yang saat itu kebingungan dalam menghitung laba dan kekayaan mereka yang sebenarnya.
Dimasa mudannya Luca Pacioli menghabiskan di biara Fransiskan di Sansepulcro. Di situ ia diajak untuk magang di salah satu pemilik bisnis lokal. Dalam masa magangnya itulah ia mulai jatuh hati pada Matematika.
Buku yang pertama kali ia tulis bukanlah buku yang membuat ia jadi terkenal. Pada umur 25 tahun ia menulis manuskrip pertamanya yaitu mengenai Aljabar (judul tidak diketahui).
Kemudian ia pindah ke Venesia oleh bujukan Albertini dan memutuskan untuk menjadi seorang biarawan Fransiskan di bawah Paus Paulus II. Di kota inilah ia menerbitkan buku Summa de Aritmetica dan menjadi terkenal. Menghabiskan awal masa mudanya di biara Fransiskan di Sansepulcro. Di situ ia diajak untuk magang di salah satu pemilik bisnis lokal. Dalam masa magangnya itulah ia mulai jatuh hati pada Matematika.
Buku yang pertama kali ia tulis bukanlah buku yang membuat ia jadi terkenal. Pada umur 25 tahun ia menulis manuskrip pertamanya yaitu mengenai Aljabar ( judul tidak diketahui ). Kemudian ia pindah ke Venesia oleh bujukan Albertini dan memutuskan untuk menjadi seorang biarawan Fransiskan di bawah Paus Paulus II. Di kota inilah ia menerbitkan buku Summa de Aritmetica dan menjadi terkenal. 

Referensi 
1.      Luca Pacioli: Unsung Hero of the Renaissance. Dir. Paul Jackson. With David Tinius, Ph.D., William Weis, Ph.D. Cincinnati, South-Western Publishing Company, 1990
2.      Taylor, R. Emmett. No Royal Road: Luca Pacioli and his Times. Chapel Hill: The University of North Carolina Press, 1942
3.      Richard H. Macve. "Pacioli's Legacy." Accounting History from the Renaissance to the Present: A Rememberance of Luca Pacioli. T.A. Lee, A. Bishop. and R. H. Parker. New Works in Accounting History. Richard P. Brief. New York and London: Garland Publishing, 1996
4.      http://flynf.tripod.com/pacioli.htm 
5.      http://bukanakuntan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar