Rabu, 10 Juni 2015

Kemalasan



Kemalasan sering kali dialami setiap manusia baik yang masih muda maupun yang sudah lanjut usia, masalah ini kerap kali menyebabkan masalah yang didapat apabila kita tidak bisa melawan rasa malas yang ada pada diri kita sendiri sehingga memperlambat apa yang kita ingin capai. Pada dasarnya manusia diciptakan tidak ada yang pintar dan bodoh semuanya sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing setiap manusia, kebalikan lagi ke pada kita rajin apa malas.
Imam Syafi’i mengatakan, “bila kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan.”
Tidak tahan lelah, tidak tahan capek, tidak tahan bosan, dan berbagai tidak tahan lain adalah gambaran sebuah kemalasan. Kemalasan itu menghindari penderitaan, bahkan penderiaan yang ringan sekali pun.
Lebih parah lagi, malas itu sebenarnya adalah memperturutkan hawa nafsu. Hawa nafsu adalah sesuatu yang memberikan kenikmatan. Orang malas tidak mau melepaskan “kenikmatan” yang sedang dia alami untuk mendapatkan kenikmatan yang jauh lebih besar.
Belajar itu memang membosankan dan melelahkan. Tidak belajar itu menyenangkan karena santai dan tidak ada beban. Namun ingatlah, kata imam Syafi’i, Anda harus siap menanggung perihnya kebodohan. Saat Anda tidak mau melepaskan kesenangan (santai dan hidup tanpa beban), maka Anda bersiap menerima beban yang lebih besar.
Senada dengan imam Syafi’i, Aristoteles pun mengatakan:
Di antara murid-murid yang belajar pada Aristoteles (filsuf Yunani) terdapat seorang yang sangat malas. Ketika diperingatkan oleh gurunya, dia menjawab mengemukakan alasannya, “Apa yang harus saya lakukan? Saya tidak memiliki ketekunan untuk membaca, dan tidak mempunyai kesabaran terhadap kelelahan serta kejenuhan belajar”.
Apa jawaban Aristoteles?
Aristoles lalu berkata kepada muridnya yang malas itu, “Kalau demikian tidak ada jalan lain bagimu kelak, kecuali harus sabar menghadapi KESENGSARAAN dan KEBODOHAN”. [Abdulaziz Salim Basyarahil, Hikmah dalam humor kisah dan pepatah, jilid 3.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar