Sabtu, 18 Januari 2014

Tulisan-Hilangkan jauh-jauh rasa "Dendam"



HILANGKAN JAUH-JAUH RASA “DENDAM”


Terkadang didalam hati kita tersimpan kemarahan lalu menjadi sebuah kebencian terhadap seseorang dikarenakan salit hati lalu kemudian berkembang menjadi dendam. Jika merasa marah dan benci, apakah kita harus menunjukan secara prontal?terkadang menbuat hati lega, jawabannya adalah Iya. Tetapi di dalam kehidupan kita yang kata orang adalah bermasyarakat, kita harus menjaga perasaan orang. Bukan hanya satu tetapi banyak perasaan orang yang harus kita jaga. Dendam sering timbul akibat saling tuduh satu sama lain, percintaan, dan terkadang karena masalah sepele yaitu dari perkataan yang keluar dari mulut.
Sebelum kita membahas tantang dendam lebih lanjut lagi, kita harus mengetahui  makna dendam itu sendiri adalah menetapkan hati kesumat terhadap seseorang (yang menjadikan sasaran dendamnya), membenci, dan melarikan diri darinya secara terus menerus. Penyebab munculnya dendam adalah kemarahan yang terpendam.
Apabila kemarahan tertahan karena tidak mampu melampiaskannya seketika, ia akan kembali ke dalam (membatin) dan mengkristal di batin, lalu menjadi dendam.
Rasulullah Saw bersabda, “seorang mukmin bukanlah pendendam dan bukan pula pendengki. Dendam adalah kemarahan.”
Ada 8 buah dendam, diantaranya :
1.      Dengki
2.      Kendengkian akan semakin kuat tertanam di jiwa dan batinmu,
3.      Engkau akan menjauhinya, (bersikap bengis), dan memutuskan hubungan dengannya.  Kalaupun dia memintamu dan peduli kepadamu, kepeduliannya itu hanya akan membuat dirimu semakin tertekan dan menjauh,
4.      Dendam menanamkan dirimu keyakinan dalam diri bahwa dia yang menjadi sasaran dendam kesumatmu itu amat kerdil, hina, dan remeh dalam seluruh keadaannya. Engkau tidak akan melihat ada hal yang berharga dalam dirinya. Bahkan di matamu dia tak berharga sama sekali, tak seujung kuku pun.
5.      Dendam akan membawamu pada ungkapan-ungkapan yang tidak boleh engkau ucapkan.
6.      Dendam membuat dirimu menceritakan dirinya dengan maksud mencemooh danmemperoloknya, yang akan membuat harga dirinya jatuh dan wibawa serta martabatnya lenyap.
7.      Dendam membuatmu melkaukan tindakan –tindakan yang akan menyakiti tubuhnya.
8.      Dendam membuat dirimu menahan dia dari silahturahmi, pelunasan utang, dan menolak penganiayaan.
Tingkat dendam yang paling rendah adalah terjaga dari 8 bahaya yang telah disebutkan diatas. Jangan sampai karena sendam engkau melakukan hal-hal yang akan membuat dirimu mendapatkan murka Allah. Tahanlah dirimu agar tidak sampai meremehkan dan menghinakan. Obat untuk menghilangkan rasa dendam yaitu saling memaafkan.
Cara mengatasi dendam yaitu dengan cara, temukan sumber dendam, sadari pengaruh buruk dendam bagi hidup anda, mengubah hubungan anda dengan orang yang telah menyakiti anda, dan tinggalkanlah semua dendam di masa lalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar