Senin, 06 Januari 2014

Tulisan



KENAKALAN REMAJA


Di zaman sekarang ini yang sudah memasuki era globalisasi, banyak hal yang berubah contoh kecilnya kita bisa lihat sendiri adalah pergaulan remaja yang sangat meresahkan, bahkan sudah tercoreng dan tidak ada batasnya lagi dalam mereka bergaul, banyaknya di kalangan remaja yang melakukan hal negative atau melakukan tindakan yang tidak terpuji yang menyebabkan kerugian bukan hanya bagi dirinya tetapi juga merugikan orang lain. Saat ini contoh yang kita bisa ambil yaitu balapan liar yang sudah meresahkan masyarakat akan ulah yang dilakukannya, semua itu disebabkan oleh rasa atau jiwa keingin tahuan yang cukup tinggi terhadap apa yang mereka lihat dari film atau sekedar ingin mencari nama dan bisa juga di bilang jagoan saja, terkadang kurangnya perhatian orang tua terhadap masa transisi mereka dalam mencari jati dirinya….
Kenakalan remaja ini dapat digolongkan kedalam kegiatan yang menyimpan atau kegiatan yang negative yang dapat merugikan bukan hanya dirinya tetapi orang-orang yang berada disekitarnya, kegiatan balapan liar yang dilakukan oleh remaja yang masih berstatus kebanyakan pelajar sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terkadang bagi masyarakat kalangan bawah balapan liar ini merupakan hiburan tersendiri, karena sebagian besar pelaku balapan liar ini bukan dari golongan menengah tetapi golongan bawah, mendengar kata ini sangatlah memperihatinkan, bertapa tidak orang tuanya berusaha membesarkan mereka tetapi tidak adanya rasa perihatin terhadap semua itu. Remaja yang berasal dari keluarga kalangan bawah ini merupakan pelaku dari balapan liar tersebuar atau bisa disebut joki, mulai dari motor hasil curian membawa lari motor orang tuanya yang belum lunas, semua itu sah-sah saja buat mereka, yang ada dalam diri mereka yang terpenting mendapatkan tepuk tangan dari teman-teman geng merekan atau para penonton yang menyaksikan balapan tersebut. Sayangnya dalam hal ini polisi yang bertanggung jawab seakan membiarkan para pelaku bakapan liar melakukan aksinya dengan leluasa.
Menanggapi semua permasalahan ini yang semakin maraknya balapan liar ditambah banyaknya geng motor di ibu kota atau di kota-kota lainnya, kita seakan miris mendengar semua itu apa lagi mereka adalah gemerasi muda bangsa ini kalau dari awalnya mereka seperti itu kelakuannya mau di bawa kemana masa depan bangsa ini, oknum dari joki balapan liar ini di dominasikan oleh para remaja yang statusnya masih pelajar, yang seharusnya para remaja ini bisa melakukan hal-hal yang positif yang dapat menguntungkan buat dirinya sendiri maupun orang lain, banyak kreasi yang mereka dapat hasilkan tanpa harus balapan liar. Semua ini akan menimbulkan sifat males sekolah, yang awalnya dari rumah berangkat kesekolah tak taunya mereka bolos karena takut dimarahi orang tua. Pada gilirannya orang tua yang harus bergilirangan dengan pihak sekolah akibat mereka jarang masuk sekolah. Hal ini akan berdampak kepada hubungan anak dengan orang tuanya yang tidak baik, seandainya hal ini terus berlanjut maka si anak tersebut akan mencari pelarian yang lain, seperti narkoba ataupun hal lainnya yang akan menimbulkan anak tersebut semakin jauh menyimpang dari kehidupan yang lebih baik bagi masa depannya. Padahal dampak dari balapan liar itu dapat menyebabkan kematian karena mereka yang melakukan balapan liar tersebut tidak menggunakan pelindung dan keamanan yang terjamin, kalau kita lihat terkadang pembalap yang propesional aja yang pelengkapan dan keamanan yang terjamin bisa mengalami kecelakaan sampai merenggut nyawanya.
Kita selaku generasi muda dalam hal mencari jati diri atau dengan rasa keingin tahuan yang cukup tinggi kepada sesuatu hal, maka untuk hal itu kita harus lakukanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menggali bakat yang kita miliki tanpa merusak masa depan kita dengan perilaku yang tidak ter puji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar